kebiasaan masyarakat asia tenggara jaman dulu

Tubuh merupakan medium kesenian paling awal dan paling penting. Dengan menghiasinnya maka manusia yang dewasa dan sadar dibedakan dari binatang serta anak-anak. Jika penting bagi semua orang untuk menjaga tubuh tetap bersih, harum, dan menarik, maka untuk menjadi dewasa diperlukan hiasan serta lukisan pada tubuh dan sering kali yang sifatnya menyakitkan.

Perataan gigi dilakukan untuk membedakan antara manusia dengan hewan buas dan mahluk gaib. Karena menurut pandangan masyarakat bahwa manusia yang memiliki taring sama saperti hewan buas dan mahluk gaib.

Pelubangan dan penggembungan daun telinga merupakan contah hiasan lainnya yang dilakukan oleh pria maupun wanita, terutama kalangan atas yang sanggup menanggung biaya mengisi lubang telinga yang besar dengan hiasan-hiasan emas yang indah. Semakin membesar kedua lubang telinga itu, semakin naik pula jenjang sosial orang yang bersangkutan.

Merajah kulit atau mentato kulit merupakan salah satu hal dalam menghias tubuh. Fungsi utama dari tato di Asia Tenggara adalah sebagai jimat. Tato juga merupakan simbol dan isyarat keberanian masyarakat. Akan tetapi kegiatan tersebut mulai dilarang setelah masuknya agama ke kawasan Asia Tenggara karena menurut ajaran agama kegiatan tersebut harus ditinggalkan.

Rambut masyarakat Asia tenggara juga menjadi hal yang terpenting dalam kehidupan karena masyarakat Asia Tenggara sangat menghargai rambut sebagai simbol kehormatan. Masyarakat Asia Tenggara pada umumnya berambut panjang oleh karena itu, memotong rambut lebih merupakan pengorbanan diri dari pertanda pengekangan gairah seksual atau pengebirian.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s