Badan Kerjasama Seniman Kostrad: Antara Hiburan, Seniman, dan Kontrol Negara

 

 

BKS-Kostrad atau Badan Kerjasama Seniman Komando Stategis Angkatan Darat merupakan suatu lembaga yang didirikan oleh Lim Campay (juga merupakan pimpinan band Los Suita Rama yang dilarang tampil oleh pemerintahan orde lama karena musik yang dibawakan beraliran musik barat) yang mengakomodir seniman berupa musisi, penyanyi, dan pelawak yang dibentuk pada tahun 1965 atau pasca G30S/PKI yang pada masa itu terjadi jam malam.

BKS-Kostrad dibentuk dengan keinginan untuk menghibur prajurit yang bertugas melakukan jam malam. Lim Campay merasa sangat miris melihat kondisi prajurit yang bertugas pada jam malam sehingga berkeinginan untuk menghibur mereka. Keinginan itu direalisasikan dengan membentuk Badan Kerjasama Seniman (BKS) yang bekerjasama dengan kostrad dan beliau meminta izin kepada presiden Soeharto untuk mendirikan BKS. Soeharto memberikan izin kepada Lim  Campay.[1

Profil BKS-Kostrad

Para artis yang tergabung dalam BKS-Kostrad merupakan artis yang merasa terkekang untuk berkreasi pada masa orde lama serta para artis yang ingin menghibur prajurit yang bertugas. Pada awal berdirinya para artis BKS saat menghibur tidak dibayar, mereka hanya diberikan suvernir berupa odol, sikat, beras, dan mie instant yang merupakan barang yang diberikan kepada prajurit yang bertugas,boleh dikatakan mereka dibayar ala prajurit.

Pada dasarnya para artis BKS memang tidak berkeinginan dibayar mereka hanya ingin menghibur. Konsep mereka ini mereka sebut inti semangat juang yang bermakna bahwa prajuit berjuang untuk melindungi dan mereka berjuang dengan menghibur. Meskipun BKS-Kostrad memiliki embel-embel nama kostrad tetapi tidak ada anggota kostrad didalam kepengurusannya maupun para artisnya. Selain itu BKS-Kostrad murni sebagai perkumpulan para artis yang tidak bersangkut paut dengan perpolitikan meskipun banyak pandangan yang berkata lain.

Aliran musik yang dibawa oleh musisi BKS-Kostrad dalam turnya merupakan aliran yang dilarang pada jaman Orde Lama. Aliran musik seperti rock’n roll, hiburan pop dan aliran melayu yang banyak mendapatkan pertentangan dari pemerintahan Orde Lama.

Dalam perkembangannya BKS-Kostrad membentuk kesekretariatan pada 1 Juni 1982 di Jakarta. Kesekretariatan ini bernama Badan Kerjasama Seniman Indonesia (Artis BKS KOSTRAD 1965-1970) YayasanDharma Artis Indonesia yang diketuai oleh pendiri BKS-Kostrad sendiri yakni Lim Campay yang didirikan untuk waktu yang tidak ditentukan lamanya.

Tujuan pembentukan kesekretariatan ini adalah mengaktifkan kembali seniman yang pernah tergabung dalam BKS-Kostrad 1965-1970, mempertinggi mutu profesi para seniman, meningkatkan kesejahteraan seniman yang tergabung dalam BKS-Kostrad, serta menjadikan wadah BKS-Kostrad menjadi wadah nasional yang berbentuk Union ARTIS. Kesekretariatan ini bertempat di Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Raya 73 Jakarta telp.332297.

 


[1]Lim Campay menyatakan kasihan terhadap para prajurit yang bertugas pada jam malam dan ingin sekali menghiur mereka. Wawancara Lim Campay, pendiri BKS-Kostrad pada tanggal 27 Juli 2010

[2] Putus Dirundung Malang. Majalah Pantau, edisi Agustus 2001

[3] Sekreariat Bersama Masyarakat Musik Indonesia tahun 2003


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s